Friday 13 February 2015

PERGURUAN " IKS PI " Kera sakti " _Desa Kembangan

image by comot sana comot sini
Perguruan IKS.PI KERA SAKTI adalah sebuah perguruan yang mengajarkan Kung-fu yaitu seni bela diri yang berasal dari daratan china.

Pertama kali perguruan ini didirikan di Madiun, Pada tanggal 15 januari 1980 di Jl. Merpati No. 45, Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Mangunharjo, Kodya Madiun, dengan Izin P & K Madiun Nomor : 183/II04.3/L.4/80/SK. Dan Pendiri perguruan IKS.PI KERA SAKTI ini adalah R.Totong Kiemdarto, Putra dari Bp. RM. Sentardi dan Ny. Oey Kiem Lian Nio.

Awal Perguruan ini bernama Ikatan Keluarga Silat "Putra Indonesia" (IKS PI) , yang mana IKS bermaksud supaya siswa dan siswinya yang berlatih di perguruan menjadi satu keluarga melalui seni beladiri dalam arti persaudaraan.

Sekitar Tahun 1983, Perguruan ini mulai berkembang dan nama perguruan di beri tambahan " Kera sakti", sehingga menjadi IKS PI "Kera sakti", Hal tersebut karena Masyarakat atau pun murid - murid perguruan ini lebih mengenal Nama jurus perguruan yaitu Teknik jurus keranya dari pada nama asli perguruan. Untuk itu dalam memudahkan pencarian identitas perguruan sekaligus tidak langsung menambah aura nama perguruan maka dikenal lah IKS PI "Kera Sakti" Sampai saat ini.

Metode latihan IKS PI " Kera sakti " terdapat  5 tahapan penting untuk mencapai tingkatan tertinggi, yaitu:
  1. Tingkat dasar I sabuk hitam dengan lama latihan 6 bulan;
  2. Tingkat dasar II sabuk kuning sengan lama latihan 6 bulan;
  3. Warga tingkat I sabuk biru dengan lana latihan 1 tahun;
  4. Warga tingkat II sabuk merah;
  5. Warga tingkat III sabuk merah strip emas.
Pada mulanya perguruan ini hanya di kenal di lingkungan masyarakat desa Nambangan Lor saja tetapi beberapa murid angkatan I dan II mulai mengembangkan perguruan di beberapa tempat, dan generasi berikutnya juga turut mengembangkan perguruan.

image mif (pake topi) dan saipul plolo (mengep) by comot sana comot sini
 Dan seperti di paparkan oleh salah satu anggota angkatan 85, warga desa kembangan " Pada tahun 2000 sampailah di Desa kembangan yang mana di pelopori oleh saudara mif alias mbecu angkatan 71 bersama makit, hariono dan saipul plolo angkatan 72, pada pembukaan perguruan di desa kembangan dibuka langsung oleh ketua karang taruna waktu itu saudra syaiful arif dan juga kades kembangan bapak masykuri turut hadir di pembukaan itu".

" IKS PI " Kera sakti " didirkan sebagai wadah penyaluran bakat dan kreasi pemuda terutama dalam olah raga bela diri dan memiliki tujuan organisasi ini tak lain ingin menggali potensi pemuda dibidang pencak silat terutama mengolah ragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga". Tambahnya pemuda yang aktif di organisai IPNU itu..

Lanjut-nya,., " Periode awal di ketuai oleh saudara mif alias mbecu kemudian mengesahkan angkatan pertama selama penggemblengan di desa kembangan yaitu saudara ismail harianto,rozi dan ahmad Abdurrahman."
 
" Dalam perkembanganya pencak silat IKS PI " Kera sakti " sangat diminati pemuda desa kembangan dan desa-desa sekitar sehingga banyak yg ingin belajar pencak silat ini".

image _ ismail harianto (sepatu hitam) dan ahmad abdurrahman (pake baju kungfu)
"Periode berikutnya diteruskan oleh saudara ismail Harianto angkatan 73 dan ahmad Abdurrahman angkatan 73 , mereka berhasil mengesahkan angkatan seperti Guntoro , M. muhlisin dan banyak yang lain- lain."

image Guntoro (baju biru) dan mukhlisin (kaos hitam)
"Kemudian perguruan yang berlatih di lapangan SD itu diteruskan oleh saudara Guntoro angkatan 82 dan M. muhlisin angkatan 85. pada  periode ini menjadi periode kemajuan IKS Kembangan. Terbukti kader iks kembangan mendapat prestasi sebagai juara umum dalam kejuaraan IKS PI " Kera sakti " CUP se- Kab lamongan pada tahun 2010 ". Saudara Guntoro sebagai juara I  mewakili IKS PI " Kera sakti " cabang kembangan.  Dalam latihannya sebelum kejuaran di bimbing dan di gembleng oleh saudara ismail Harianto.

" Selain sebagai organisasi beladiri IKS PI " Kera sakti " juga berkembang sebagai organisasi sosial keagamaan, dimana selain latihan Beladiri juga di isi kegiatan keagamaan yaitu tahlilan,istighosah hingga ziarah ke makam para wali."

image Siswa - siswa IKSPI "Kera sakti" _Desa Kembangan
" Alhamdulilah sampai sekarang masih ada kegiatan ini yg diteruskan oleh anak - anak muda desa kembangan,  dan hampir 100 pemuda kembangan yg telah bergabung dan mengikuti kegiatan ini ". Tambah dari salah satu anggota angkatan 85 itu.

Di waktu yang berbeda saudara saiful plolo menceritakan perjuangan IKS PI " Kera sakti " masuk desa kembangan , " Awalnya hanya sekedar iseng - iseng dari pada tidak ada kegiatan di desa , mending kita bikin perguruan silat IKSPI " Kera Sakti", Kebetulan anggota dari luar desa mendukung dan melatih kegiatan itu." obrol ringan saudara plolo.

"Prosesnya juga rumit , kami mencoba perkenalkan silat aliran kungfu kepada temen - temen kembangan,. ya gitu ada yang bilang aliran sesat lah, ini lah- itu lah,. tetapi Alhamdulillah masih banyak juga yang mendukung. tempat latihannya juga harus meminta izin bapak Almarhum jasrah selaku kepala sekolah SD desa kembangan, dan izin pula kepada kepala desa maskuri kala itu, . Alhamdulillah mereka mengizinkan " tambahnya saipul warga RT 4 Itu.

" Dulu jumlah siswanya hanya beberapa saja dari teman - teman kembangan ditambah murit dari pondok siman dan beberapa dari sekaran ,., karena dari mulut-kemulut akhirnya IKS PI "Kera sakti" desa kembangan terkenal dimana-mana , berkat siswa - siswa yang mau meneruskan jejak pendahulunya". terakhir perbincangan antara saipul dengan admin.

image by comot sana - comot sini
Dari beberapa pemaparan salah satu anggota angkatan 85 , dan perbincangan ringannya saiful plolo angkatan 72 itu, mungkin sudah bisa menjadi gambaran bagaimana perjalanan IKS PI "Kera sakti " di desa kembangan,.

Kini angkatan sudah sampai 112 di tahun 2015,. dari yang beralasan mencari kawan dan keluarga di organisasi, dan beragam alasan lainnya,. semoga IKS PI "kera sakti" menjadi organisasi yang membentuk karakter para pemuda desa kembangan menjadi disiplin, kuat mental, proposional fisik, sehat lahir batin, dan menjadi generasi yang tangguh.

Dan terakhir semoga tetap pertahankan kegiatan islami seperti yang di kemukakan di atas, kegiatan keagamaan yaitu tahlilan,istighosah hingga ziarah ke makam para wali. Sehingga menjadi ahli beladiri yang pertahankan syariat islam. Amiiiin.

Lihat juga Video Atraksi di link ini: Kembangan-sekaran Beraksi 2

Nara sumber : Salah satu anggota angkatan 85, saipul plolo angkatan 72, dan saudara mif angkatan 71, Rohman nur rohman angkatan 93.
Sumber : http://ikspiksmukomuko.weebly.com/sejarah-perguruan.html &  http://literatursejarah.blogspot.com/2010/01/sejarah-perguruan-ikatan-kera-sakti.html

7 comments:

  1. Replies
    1. Salaml balik dari IKS PI Kera Sakti _ Desa Kembangan

      Delete
    2. Kang angsal daftar dados siswa ikspi mboten kang kulo,kulo porodeso kang...

      Delete
    3. Angasl mas

      Delete
  2. Percayakah Anda dengan membuka Aura seseorang bisa mendapatkan jodoh yang di idam-idamkan . .

    kami punya jawabanya silahkan klik disini ==> Cara Membuka Aura Jodoh , Cara Membuka Aura Wajah , Cara Membuka Aura Kecantikan

    ReplyDelete